MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG SISWA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LEO-LEO DENGAN TEKNIK JARIMATIKA

Main Article Content

Badrullah Bakri Badru

Abstract

Matematika sangat perlu diajarkan kepada peserta didik mulai dari anak usia dini hingga sekolah menengah atas dan perguruan tinggi. Namun dalam fakta yang terlihat, banyaknya siswa sekolah dasar yang masih lemah dalam pembelajaran menghitung. Sehingga diperlukan cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa, salah satunya dengan melalui permainan tradisional leo-leo yang menggunakan teknik jarimatika.

Article Details

How to Cite
Bakri Badru, B. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG SISWA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LEO-LEO DENGAN TEKNIK JARIMATIKA. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(4), 420-424. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/91
Section
Articles

References

Bunga, M. R. (2016). meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional “sikodoka” bagi anak usia dini berlatar belakang tuna grahita. jurnal Penelitian, 11(2), 73-80.

Dea Alvionita Azka, C. H. (2016). Pembelajaran Operasi Perkalian melalui Permainan Tepuk Bergambar pada Siswa Tunagrahita Ringan di YPAC Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 26-32.

Lisa, R. A. (2015). penggunaan metode kalkulator jari tangan untuk meningkatkan pemahaman operasi perkalian pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 1(1), 27-43.

Maiyulita, Y. (2015). peningkatan kemampuan menghitung perkalian menggunakan teknik jari tangan pada pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(1), 24-28.

Nataliya, P. (2015). efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. jurnal ilmiah psikologi terapan, 03(02), 343-358.

Partona Hariando Nainggolan, M. A. (n.d.). peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teknik jarimatika di sekolah dasar negeri. 1-10.

Patintingan, M. L. (2015). penerapan metode jarimatika di tk asoka makassar. jurnal KIP, IV(1), 733-746.

Rizal, T. Y. (2012). kemampuan estimasi guru sekolah dasar dalam operasi hitung. forum kependidikan, 30(1), 69-78.

Sukri, M. (2014). penerapan contextual teaching learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas v sdn inpres balaroa palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(02), 159-169.

Susanto, D. S. (2018). implementasi model pembelajaran permainan tradisional dolanan anak untuk melatih kecerdasan visual spasial pada anak usia dini. Peningkatan Kualitas Pendidikan, 152-160.

Tati Haryati, H. N. (2017). analisis kemampuan dan disposisi berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, 10(2), 146-158.