EKSPLORASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN MEDIA TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B3 TK CORDOVA INDONESIA

Main Article Content

Siti Masluroh

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kuranganya kemampuan anak dalam memahami bentuk-bentuk geometri yang dapat dilihat dari perilaku anak yang kurang memperhatikan guru saat penyampaian materi, bersikap pasif dan kurang tertarik dalam pembelajaran mengenal bentuk geometri. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk menemukan metode pembelajaran yang bisa menarik perhatian anak, membuat anak senang dan aktif dalam pembalajaran. Penelitian ini dilakukan di TK Cordova Indonesia Kabupaten Mimika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran bermain sambil belajar menggunakan media tanaman, dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi anak sehingga meningkatkan kemampuan pembelajaran kognitif anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah anak yang berkembang sesuai harapan sebesar 40% dan pada siklus II presentasi jumlah anak yang berkembang sesuai harapan meningkat menjadi 80%. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan media tanaman dalam mengeksplorasi bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kognitif anak.

Article Details

How to Cite
Masluroh, S. (2020). EKSPLORASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN MEDIA TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B3 TK CORDOVA INDONESIA. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(4), 319-326. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/74
Section
Articles

References

Agung Triharso. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. CV Andi Offset, Yogyakarta.

Daitin Tarigan. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, Jakarta.

Direktorat Pendidikan TK dan SD. 2005. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal. Dirjen Manajemen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Gramedia, Jakarta.

Kusuma, Wijaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. PT Indeks, Jakarta.

Lestari K.W. 2011. Konsep Matematika. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Rita Eka Izzaty, Dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. UNY Press, Yogyakarta.

Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. PT Gramedia, Jakarta.

Slamet Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publising, Yogyakarta.

Suydan dan Khusni 1999. http://wikipedia.org/wiki/geometri, diakses 06 Oktober 2020, tersedia dalam www.google.com

Wardhani, IGAK dan Wihardit, Kuswaya. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka, Jakarta.

Winda Sari. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII-A SMP 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Semnastika Unimed. ISBN:978-602-17980-9-6. 6 Mei 2017.