Model Kirkpatrik dalam evaluasi program pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah

Main Article Content

Abdul Kholik

Abstract

Kompetensi kepala sekolah perlu selalu dikembangkan apalagi di era industry 4.0 yang menekan pendidik untuk menyesuaikan kerangka sendi pendidikan dan perangkat kerja setiap tata kehidupan, termasuk didalamnya adalah pengelolaan sekolah. Kompetensi atau kemampuan kepala sekolah antara lain kompetensi kepribadian, social, kewirausahaan, manajerial dan supervisi. Penulisan ini mempunyuai tujuan untuk mengetahui keberhasilan program diklat (pendidikan dan pelatihan) penguatan kepala sekolah melalui model kirkpatrick. Penulisan artikel ini  termasuk penulisan  evaluasi menggunakan Kirkpatrick’s Four Level Evaluation Model. Penulisan artikel ini akan mendeskripsikan (1) reaksi (Reaction) peserta yaitu para kepala sekolah terhadap penyelenggaraan program diklat penguatan kepala sekolah (2) pembelajaran peserta selama proses diklat (3) perubahan perilaku kepala sekolah selama mengikuti diklat (4) dampak/outcame dari program pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah. Langkah-langkah dalam evaluasi program yaitu pertama merumuskan tujuan evaluasi, kedua menyeleksi instumen evaluasi, ketiga menggunakan alat evaluasi tersebut dan keempat mengumpulan data berupa jawaban dari instrument evaluasi yang digunakan.

Article Details

How to Cite
Kholik, A. (2020). Model Kirkpatrik dalam evaluasi program pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 1(3), 219-226. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/52
Section
Articles

References

Arthur, R. (2018). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan ISSN 1410-4725 (print) ISSN 2338-6061 (online). 22(1), 35–48.

Badu, S. Q. (2012). Model in the Learning of Initial Value and. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan IMPLEMENTASI, Edisi Dies Natalis ke-48 UNY, 102–129.

Gunawan, I. (2003). EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN. 1, 1–13.

Herawan, E. (2008). Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 7(1).

Kasus, S., Di, P., Oleh, T., & Nim, M. (n.d.). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN MENINGKATKAN MUTU MADRASAH.

Kirkpatrick, M. M. (2018). Jurnal kapita selekta geografi. 1(66), 58–72.

M, D. W. (1993). model evaluasi , measurement, assessment, evaluation.

Pakpahan, E. S. (2014). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(1), 116–121.

Pendidikan, J. E. (2017). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON PROVINSI KALIMANTAN BARAT ( Studi Evaluatif Model CIPPO Pasca Pendidikan dan Pelatihan ). 8.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2019). https://ainamulyana.blogspot.com/.

Penelitian, J., Pendidikan, E., Penelitian, J., & Pendidikan, E. (n.d.). MODEL IN THE LEARNING OF INITIAL VALUE AND. 102–129.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

Smidt, A., Balandin, S., Sigafoos, J., & Reed, V. A. (2009). The Kirkpatrick model : A useful tool for evaluating training outcomes The Kirkpatrick model : A useful tool for evaluating training outcomes *. October. https://doi.org/10.1080/13668250903093125

Workneh. (2017). Инновационные подходы к обеспечению качества в здравоохраненииNo Title. Вестник Росздравнадзора, 6(1), 5–9.