Perilaku Menyimpang yang Terjadi pada Siswa UPT SMA Negeri 1 Kota Palopo dan Interpensi Konseling

Main Article Content

Haslia Ilyas

Abstract

This study aims 1) to find out the forms of behavioral deviations that occur in students of SMA Negeri 1 Palopo, 2) to find out the treatment given by BK teachers at SMA Negeri 1 Palopo against student behavior deviations. 3) to find out the obstacles found and the solutions made by the BK teacher at SMA Negeri 1 Palopo in dealing with student behavior deviations. This study uses a qualitative case study method by examining the behavior of students in SMA Negeri 1 Palopo. Data were obtained from informants, namely, Counseling Guidance teachers and Principals. Methods of collecting data by triangulation through observation, interviews and documentation studies. The data analysis uses an interactive model of qualitative data analysis that continues until it is complete. The results showed that behavioral deviations that occurred in SMA Negeri 1 Palopo students in violation of school rules, namely being late for school were the most common cases and behavioral deviations related to peers at school. While the least cases are fights. The role of Guidance and Counseling teachers in efforts to handle student behavior deviations cannot be separated from the functions, principles and objectives of counseling guidance whose implementation is through individual counseling services with a behavioral contract approach.

Article Details

How to Cite
Ilyas, H. (2021). Perilaku Menyimpang yang Terjadi pada Siswa UPT SMA Negeri 1 Kota Palopo dan Interpensi Konseling. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 2(4), 403-420. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/142
Section
Articles

References

Alquran Karim

Abkin.Kode Etik Profesi Konselor Indonesia (ABKIN), Jakarta: ABKIN, 2009

Achmad Juntika Nurihsan, Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan; Bandung: Rineka Cipta, 2006.

Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik; Jakarta; Rineka Cipta, 2010.

Ayuna, Motivasi Orang Tua Memasukkan Anaknya pada Kelompok Bermain. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak. Vol. 1 nomor 1, 2017.

Bredley T.Erford , 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor , Edisi ke II, Yogyakarta; Penerbit Pustaka Pelajar, 2017

Corey,G, Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy,Eighth Edition; Australia:Brooks/Cole Cengage Learning: 2009.

Ciek Julyanti Hisyam, Perilaku Menyimpang Tinjauan Sosiologis, (Cetakan Pertama, Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara, 2018

Dalwono,M. Psikologi Pendidikan ; Jakarta, Rinek Cipta, 2005

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya; Surabaya: Mahkota Surabaya, 2002.

Departermen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi 4 (Jakarta: Gramedia, 2012 cet. 4)

Depdiknas. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari, Yuk Jadi Orangtua Shalih Sebelum Meminta anak Shalih; Bandung: Mizan Media Utama, 2018

Imam Musbikin, Mengapa Anakku Malas Belajar Ya?; Yogyakarta: Diva Press, 2009.

Indarwati Rahayu, Pelaksanaan Layanan Intervensi Konseling dalam Pengentasan Kenakalan Anak: Studi Kasus di SMA Negeri 5 Malang, Jurnal IKIP Veteran Semarang.

Jamal Ma’mur Asmani, Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah., Cetakan Pertama; Yogyakarta: Buku Biru, 2012.

John Mcleod: Pengantar Konseling, Teri dan Studi Kasus, Jakarta Penerbit Prenadamedia group,2010

Jurnal Al-Hikmah vol.8,No.1, April 2011

Kartini Kartono, Patologi sosial 2, Kenakalan Remaja; Jakarta: PT Raja Grafindo, 2010.

Kementrian Agama Republik Indonesia Al-Qur’an dan Terjemahan, 2017.

Luthfiyah, & Muh.Fitrah, Metodologi Penelitian (penelitian kualitatif, tindakan kelas dan studi kasus);CV Jejak.Jawa Barat: 2017.

Maswardi Muhammad Amin, Pendidikan Karakter Anak Bangsa; Jakarta: Baduose Media Jakarta, 2011.

Mahalakshmi Rajagopal, Counseling: A Misunderstood Profession, Journal Of Humanities And Social Science, Vol. 11. Issue 3, 2013.

Muhammad Warif, Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 4 nomor 1, 2019.

Munic Chatib, Orang Tuanya Manusia; Jakarta:Penerbit Kaifa, 2013

Natawijaya & Musa, Psikologi pendidikan; Jakarta: Depdikbud,2002.

Nasruddin AR, Strategi Guru dalam Membina Siswa yang Berperilaku Menyimpang, Jurnal FKIP Universitas Abulyatama Aceh, diakses 21-7-2019

Nini Sabini, Psikologi Pembelajaran; Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012.

Nursiah, Perilaku Malas Belajar Dan :Penanganannnya Melalui Teknik Modeling Langsung (Studi Kasus Di SMA Negeri 3 Palopo), Tesis Prodi BK Universitas Negeri Makassar 2011

Ormrod, J.E, Educational Psychology Develipong Learners”, diterjemahkan Wahyu Indrianti, dkk dengan judul: Psikologi Pendidikan: Membantu siswa Tumbuh dan Berkembang; Jakarta: Erlangga, 2008.

R Herawati Suryanegara, Penanganan Penyimpangan Perilaku Siswa di Sekolah. (https://kompasiana.com) diakses tanggal 23 Januari 2020.

Retnoningsih, Upaya Mengoptimalkan Bimbingan Konseling Untuk Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 6, Nomor 1, Maret 2013. Hal. 65-73.

Risdawati, Upaya Bimbingan Konseling Islam dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang, HIKMAH, Vol. VIII. Nomor 02 Juli 2014.

.Rosmeyi, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Pada Peserta Didik, Di SMP Negeri I Suli Kabupaten Luwu, Tesis Prodi PAI IAIN Palopo, 2016

Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran; untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar, Bandung: Alfabeta, 2009.

Samsul Munir Amin, Bimbingan dan Konseling Islam; Jakarta: Amzah, 2013.

Sarlito W.Sarwono, Psikologi Remaja, Cet.XIV; Jaakarta: Rajawali Pers, 2011

Sofyan S. Willis, Berbagai Masalah Yang Dihadapi Siswa dan Solusinya; Bandung; Alfabeta, 2015

Soli Abimanyu: Teknik dan Laboratorium Konseling;Badan Penerbit UNM Makassar, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D; Bandung: Alfabeta, 2012.

TB.Aaat Syafaat,et.al., Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja, Cet.II; Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Thalib, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif; Jakarta: Kencana, 2010.

Vive Vike Mantiri, Perilaku Menyimpang di Kalangan Remaja Di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan, Journal Vol. 3. Nomor 1 tahun 2014.

Willis.S, Remaja dan Masalahnya; Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja dan Pemecahannya; Bandung:Alfabeta, 2008.

Willis: Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta, 2007,

Windi Novia S.Pd. ;Kamus Besar Bahasa Indonesia: (Surabaya :Kashiko Publisher , 2014)