Strategi Branding SMKN 4 Bone Melalui Peningkatan Kapabilitas Guru dan Siswa Serta Pameran Hasil Produk Inovasi Siswa

Main Article Content

ANDI FAISAL

Abstract

Disebabkan lokasi yang kurang strategis, program keahlian yang dibina sudah banyak tersedia di SMK lain, kondisi sarana dan prasarana sangat minim, program keahlian belum memiliki peralatan standar, serta tenaga pengajar status honorer dan guru umum yang belum memiliki standar kompetensi keahlian. Beberapa startegi diharapkan memperbaiki kualitas dan mutu dari lulusaanya seperti bekerja sama dengan Dunia Industri (IDUKA), membuka program keahlian baru yang sesuai dengan kebutuhan Industri dan masyarakat setempat. Menggunakan strategi branding dan pameran produk inovasi siswa. Berdasarkan Analisis Boston Consulting Grup (BCG), SMKN 4 Bone maka dilakukan program Pengembangan Sekolah yaitu Strategi Branding SMKN 4 Bone melalui Peningkatan Kapabilitas Guru dan Siswa serta Pameran Hasil Produk Inovasi Siswa. Kesimpulan dari Implementasi Program Pengembangan Sekolah ini adalah (1)Dengan strategi branding yang akan diterapkan di SMKN 4 Bone melalui peningkatan Kapabilitas Guru dan Siswa diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi untuk mengikuti kegiatan proses pembelajaran sehingga menghasilkan mutu dan kualitas lulusan siswa SMKN 4 Bone sesuai dengan kubutuhan IDUKA,  yang mana sejalan dengan poin 1.1.2.1.a tentang tujuan yang diharapkan setelah melakukan kegiatan ini. (2) Dengan strategi branding yang akan diterapkan di SMKN 4 Bone melalui Kegiatan Pameran Hasil produk Inovasi Siswa diharapkan mampu meningkatkan promosi SMKN 4 Bone kepada masyarakat Kec. Barebbo khususnya dan masyarakat Kab Bone secara umum yang ditandai dengan terjalinnya hubungan silaturahmi antara SMKN 4 Bone dengan pemerintah setempat dan juga kepada IDUKA yang ditandai dengan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat untuk bersekolah di SMKN 4 Bone. Hal ini sejalan dengan poin 1.1.2.1.b tentang tujuan yang diharapkan setelah melakukan kegiatan ini.

Article Details

How to Cite
FAISAL, A. (2021). Strategi Branding SMKN 4 Bone Melalui Peningkatan Kapabilitas Guru dan Siswa Serta Pameran Hasil Produk Inovasi Siswa. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 2(1), 145-160. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/112
Section
Articles

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung . PT. Refika Aditama

Arfani, J. W., & Sugiyono, S. (2014). Manajemen Kelas yang Efektif: Penelitian di Tiga Sekolah Menengah Atas. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 44-57.

Arsini, N. W. N., Sutama, I. M., Indriani, M. S., & Hum, M. (2014). Perilaku Verbal Dan Nonverbal Guru Ketika Memberikan Penguatan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia, 2(1). 1-10.

Baeva, Daniela Yasenova, Strong Brands (2011) : How Brand Strategy and BrandCommunication Contribute to Build Brand Equity : the Case of Navigator, Tesis : Fakuldade De Economia, Universidade De Coimbra,

Cooper, D.R dan Emory, C.W.(1995), Business Research Methods, Fith Edition,Illinois : Richard D, Irwin Inc., 1995.

Dwyer, F.Robert,Paul H. Schurr, dan Sejo Oh, 1987, “Developing Buyer-Seller

Relationships” Journal of Marketing, Vol.51 (April 1987), p.11-27.

Departemen Pendidikan Nasional, (2011) Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat BahasaEdisi Keempat, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Dewi, Ike Janita, Inspirasi Bisnis. (2005) Perspektif Baru dalam Strategi Branding,Bisnis dan Karir, Yogyakarta : Amara Books,

Fathurrohman Muhammad. 2015. Model-model pembalajaran inovatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Gojali imam dan Umiarso. 2010. Manajemen mutu sekolah diera otonomi

pendidikan. IRCiSoD: Yogyakarta

Karwati, E., & Priansa, D.J. (2014). Manajemen Kelas : Guru Profesional yang Inspirarif, Kreatif. Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung:Alfabeta

Kim, M., Roth, W. M., & Thom, J. (2011). Children’s Gestures and The Embodied Knowledge of Geometry. International Journal of Science and Mathematics Education, 9(1), 207-238.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2015. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT. Remaja

Rosdakarya. Bandung

O’Brennan, L. M., Bradshaw, C. P., & Furlong, M. J. (2014). Influence of Classroom and School Climate on Teacher Perceptions of Student Problem Behavior. School mental health, 6(2), 125-136

Rahmawati Selly dan Sunarti. 2014. Penilaian dalamKurikulum 2013 membantu guru dan calon guru mengetahui langkah-langkah penialian pembelajaran. Andi Offset. Yogyakarta

Ratna Kusumawati. 2010. Pengaruh karakteristik pimpinan dan inovasi

produk baru terhadap kinerja perusahaanuntuk mencapai keunggulan bersaingberkelanjutan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 5 No. 9,

Santoso RA & Nuruddin M. 2017. Rancangan model integrasi produk-produk sekolah menengahKejuruan (smk) di kabupaten gresik. journal.umg.ac.id/index.php/manajerial/article/view/183. Vol 3 No 1 (2016)

Surya, M. (2014) Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi dari Guru, Untuk Guru. Bandung: Alfabeta

Susanto, Mikke. 2004. Menimbang Ruang Menata Rupa – Wajah &Tata Pameran Seni Rupa. Yogyakarta: Galang Press

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Prenadamedia Group

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Swasty, Wirania, (2016) Branding Memahami dan Merancang Strategi Merek,

Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, ( 2005) Brand Management & Strategy, Andi, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, (2015) Strategi Pemasaran, Andi. Yogyakarta

Valitov, Shamil M., (2014) “University Brand as a Modern Way of Winning

Competitive Advantage”, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152,

Winkel, W. S. (2007) Psiklogi Pengajaran, Jakarta: GramediaWidiaswara Indonesia

Yasin, M., Junaedi, I., & Cahyono, E. (2013). Gaya Komunikasi GuruMatematika Ditinjau Dari Teori Komunikasi Logika Desain Pesan. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2). 76-82.