HUBUNGAN KELEMBAGAAN YANG EFEKTIF DALAM BIROKRASI PEMERINTAHAN

Main Article Content

Nuddin Nuddin

Abstract

Istilah organ negara atau lembaga negara dapat dibedakan dari perkataan organ atau lembaga swasta, lembaga masyarakat, atau yang biasa disebut Ornop atau Organisasi Non Pemerintah yang dalam bahasa Inggris disebut Non-Government Organization atau NonGovernmental Organizations (NGO’s). Oleh sebab itu, lembaga apa saja yang dibentuk bukan sebagai lembaga ma-syarakat dapat kita sebut sebagai lembaga negara. Lembaga negara itu dapat berada dalam ranah legislatif, eksekutif, yudikatif, ataupun yang bersifat campuran. Lembaga negara terkadang disebut dengan istilah lembaga pemerintahan, lembaga pemerintahan non-departemen, atau lembaga negara saja. Ada yang dibentuk berdasarkan atau karena diberi kekuasaan oleh UUD, ada pula yang dibentuk dan mendapatkan kekuasaannya dari UU, dan bahkan ada pula yang hanya dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden. Hirarki atau ranking kedudukannya tentu saja tergantung pada derajat pengaturannya menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Article Details

How to Cite
Nuddin, N. (2021). HUBUNGAN KELEMBAGAAN YANG EFEKTIF DALAM BIROKRASI PEMERINTAHAN. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 2(1), 117-130. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/110
Section
Articles

References

Agung Seputra, Yulius E., (1014), Manajemen dan Perilaku Organisasi, Graha Ilmu, Jogjakarta.

Chrisnandi, Y. (2015), Revolusi Mental sebagai Gerakan Pemerintah dan Masyarakat Guna Memperbaiki Indonesia. Makalah yang disampaikan pada Acara di Kepolisian RI, September 2015.

Gibson, James. L., et al. (1984), Organisation, 4th edition, diterjemahkan oleh Djoerban Wahid, SH. (Organisasi dan Manajemen, Perilaku, Struktur, Proses), Penerbit Erlangga.

Meyer, J. P., & Allen, N. J. (1997). Commitment in the worplace theory research and application. California: Sage Publications.

Pepall, Lynne. Daniel J. Richards & George Norman, Industrial Organization: Contemporary Theory and Practice (with Economic Applications), 3rd ed. (2004). South-Western College Publication

Robbins, S. P. (2003). Organizational behavior (10th ed). New Jersey : Prentice Hall.