MEMBANGUN ORGANISASI PEMBELAJAR DALAM INSTITUSI PERGURUAN TINGGI

Main Article Content

Zaenal Akhmad

Abstract

Karakteristik Organisasi belajar seperti yang disampaikan oleh Peter Senge meliputi berpikir sistem, penguasaan pribadi, pola mental, visi bersama dan belajar kelompok. Organisasi Belajar, juga dicirikan oleh proses belajar berinovasi secara terus menerus dengan cara menempatkan perhatian pada “lima-komponen”. Memang, kelimanya tidak pernah bisa terkuasai, tetapi organisasi yang terbaik mempraktekannya secara konstan. Dalam praktek terbaiknya, tidak ada cara atau formulasi yang bersifat generic sebagai resep tunggal dalam membuat organisasi belajar. Pada akhirnya kerja nyata dari membangun organisasi belajar adalah bekerja dalam lingkaran kedalaman belajar. Untuk menjadi sebuah learning organization yang sukses, Perguruan Tinggi perlu penekanan lebih pada pelatihan dan mengubah sistem manajemen sumber daya manusia untuk mendukung pembelajaran dengan tiga pendekatan dalam pelatihan dan pengembangan, antara lain: (1) Terfragmentasi, (2) Terformalisasi, dan (3) Terfokus.

Article Details

How to Cite
Akhmad, Z. (2021). MEMBANGUN ORGANISASI PEMBELAJAR DALAM INSTITUSI PERGURUAN TINGGI. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 2(1), 104-116. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/109
Section
Articles

References

A. Malik Fajar, 2005. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Danim, Sudarwan. 2005. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

DiBella, A.,1995, Developing learning organizations: a matter of perspective, Academy of Management Proceedings, 287-290.

Garvin, D.,1993, Building a learning organization, Harvard Business Review, July-August,. 78-91.

Goh, S.C.,1998, Toward a learning organization: the strategic building blocks, SAM Advanced Management Journal, 15-22.

Goh, S.C., Richards, G. 1997, Benchmarking the learning capability of organizations, European Management Journal, Vol. 15 No. 5, 575-583.

Jamali, D., Sidani, Y., 2008, Learning organizations: diagnosis and measurement in a developing country context, The Learning Organization, Vol.15 N0.1, 58-74.

Nonaka, I, Takeuchi, H., 1995, The Knowledge Creating Company, Oxford University Press, New York.

Marquart, M.J., 1996, Building The Learning Organization, McGraw-Hill, New York, New York

Mohrman, S.A., Mohrman, A.M. Jr, 1995, Organizational change and learning, Jossey Bass, San Francisco, California.

Pedler, M., Boydell, T. and Burgoyne, J.,1989, Towards the learning company, Management Education and Development, Vol. 20 No. 1, 1-8.

Senge, P. M,1990, Building learning organizations, Sloan Management Review, Fall, 7-23.

Senge, P. M,1994, The Fifth Discipline, Doubleday, New York, New York