Peran Sosial Media dalam Budaya Politik

Main Article Content

M. Darwis

Abstract

Budaya politik adalah corak perilaku dalam masyarakat dalam kehidupan berbangsa, pemerintahan nasional, politik pemerintahan, hukum, adat istiadat dan norma, dan merupakan budaya yang harus dipatuhi oleh semua anggota masyarakat setiap hari. Budaya politik juga dapat diartikan sebagai sistem nilai bersama sosial, yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kolektif dan perumusan kebijakan publik dari seluruh masyarakat. Media sosial merupakan saluran komunikasi para aktor politik untuk berkomunikasi dengan pendukung dan pemilih. Bentuk komunikasinya adalah membangun opini publik sekaligus menggalang banyak dukungan politik. Penggunaan media sosial juga meningkatkan jaringan komunikasi politik, hubungan politik, dan partisipasi publik dalam pemilu.

Article Details

How to Cite
Darwis, M. (2021). Peran Sosial Media dalam Budaya Politik. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 2(1), 93-103. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/108
Section
Articles

References

Budiardjo, Miriam (2008). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama Brownhill,

Effendy, Onong Uchjana, 2004. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Iriantara, Yosal. 2005. Media Relations Konsep, Pendekatan Dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kriyantono, Rakhmat. 2008. Teknik Prkatis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group Kurt Lang dan Gladys Engel Lang. 2009, Mass Culture, and Mass Communication: The Meaning of Mass, Mass Society. International Journal of Communication. Vol. 3.

Maksudi, Beddy Iriawan. 2017. Dasar-Dasar Administrasi Publik.Depok: Rajawali Pers

Robert dan Patricia Smart. (2009). Political Education. Bandung : Kencana Utama

Severin, WJ dan Tankard, JW. 2007. Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana. Shedletsky, Leonard J, dan Aitken, Joan W, 2004. Human Communication on The Internet, USA : Pearson.

Smith, D. Ronald. 2005. Strategic Planning For Public Relations. Second Edition. Lawrence Erlbaum Associates Publisher. London. Soemirat, Soleh. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zarella. 2010. The Social Media Marketing Book. Oreilly Media. USA.