PEMBELAJARAN DARING DALAM PERSPEKTIF MERDEKA BELAJAR

Main Article Content

Siti Ammas

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang keefktifitasan proses pembelajaran daring pada Pandemi  Covid19 khususnya pada era merdeka belajar. Mengingat beberapa bulan terakhir,Pendidikan telah memasuki paradigma baru di masa pandemi COVID19, maka pemerintah menempuh kebijakan yang menetapkan merdeka belajar menjadi era baru dalam dunia pendidikan. Peserta didik pada satuan tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi perlu menyesuaikan diri dengan situasi baru dalam proses belajar era merdeka belajar masa kini. Situasi pandemi COVID-19 mengajak pendidikan untuk melakukan aktivitas belajar dan pembelajaran secara tidak langsung melalui media berbasis online dengan  kecanggihan teknologi informasi  memanfaatkan  revolusi industri 4.0 teknologi informasi. Pendidikan melalui media berbasis online memberikan peluang bagi peserta didik untuk berkembang secara mandiri dengan pembinaan dan bimbingan dari para pendidik dan tenaga kependidikan pada tingkat dasar hingga pendidikan tinggi. Peserta didik membutuhkan bentuk pendidikan yang tepat agar mampu menyesuaikan kondisi pribadi dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam pendidikan era merdeka belajar. Pendidikan berpikir kritis menjadi suatu  alternatif untuk peserta didik dalam  membekali aspek fisik dan psikis agar mampu menyesuaikan diri dalam pendidikan di era medeka belajar.

Article Details

How to Cite
Ammas, S. (2021). PEMBELAJARAN DARING DALAM PERSPEKTIF MERDEKA BELAJAR. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 2(1), 35-45. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/103
Section
Articles

References

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Harasim, L. (2000). Shift happens Online education as a new paradigm in learning Linda. Internet and Higher Education, 3, 41–61.

Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/

Ilmi, Z., Darma, D. C., & Azis, M. (2020). Independence in Learning, Education Management, and Industry 4.0: Habitat Indonesia during COVID-19. Journal of Anthropology of Sport and Physical Education, 4(4), 63–66. https://doi.org/10.26773/jaspe.201010

Kristanto, Y. D. (2020). Covid-19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh. Https://Creativecommons.Org/Licenses/By/4.0/, 1–12.

Restian, A. (2020). Freedom of learning in the " elementary arts and culture " subject the character- based covid-19 pandemic. 1(June), 55–62. dergipark.org.tr/jiae%0Ayoungwisepub.com

Saputra, R., Kurniawan, N. A., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(01), 111–116.

Setiawan, W. (2020). Merdeka Belajar: Konsepsi dan Implementasi pada Pengelolaan Sekolah di Era Digital. Kemendikbud: Merdeka Belajar.

Sri, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. 9(2).

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121