MEMBANGUN NILAI MULTIKULTURAL MELALUI KAJIAN SEJARAH PERJUANGAN EMMY SAELAN

Main Article Content

idris idris

Abstract

Pendidikan multikultural adalah suatu konsep pendidikan dimana perbedaan atau keberagaman yang ada dalam satu bingkai kebersamaan diakui dan ditoleransi. Adanya Konsep pendidikan multikultural ini sesuai dengan konsep negara yang mempunyai keanekaragaman budaya seperti Indonesia. Pendidikan  merupakan salah satu media efektif untuk mengembangkan kesadaran multikulturalis. Emmy Saelan merupakan tokoh pejuang yang bukan berasal dari bumi Sulawesi Selatan namun dapat bergabung dengan masyarakat Sulawesi Selatan dan dikenal oleh masyarakat dalam berjuang melawan penjajah. Nilai-nilai kebersamaan dan toleransilah yang menjadi nilai multikulturalisme pada kisah Emmy Saelan. Nilainilai multikulturalisme  seperti kebersamaan, toleransi, nasionalis serta saling menghargai adalah nilai-nilai yang harus ditanamkan pada diri siswa melalui pendidikan di sekoah.

Article Details

How to Cite
idris, idris. (2021). MEMBANGUN NILAI MULTIKULTURAL MELALUI KAJIAN SEJARAH PERJUANGAN EMMY SAELAN. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL, 2(1), 11-21. Retrieved from http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/100
Section
Articles

References

Amirin, Tatang M. 2013. “Implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Di Indonesia.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi.

Amiruddin. 2016. “Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membangun Karakter

Bangsa.” SEMINAR NASIONAL “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk

Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global.”

Anon. 2006. “PENDIDIKAN SEJARAH LOKAL DALAM KONTEKS MULTIKULTURALISME.” Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Anon. 2012. “PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN

BUDAYA BANGSA BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL.” Jurnal

Pendidikan Karakter.

Dalyono, Bambang, and Enny Dwi Lestariningsih. 2017. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Bangun Rekaprima.

Ivison, Duncan. 2015. “Multiculturalism.” in International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition.

Sritimuryati, Sritimuryati. 2013. “PERANAN ORGANISASI KELASKARAN DALAM PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI

SULAWESI SELATAN.” Walasuji.

Supardi. 2012. “Arah Pendidikan Di Indonesia.” Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi.

Susilo, Agus, and Yadri Irwansyah. 2019. “PENDIDIKAN DAN KEARIFAN

LOKAL ERA PERSPEKTIF GLOBAL.” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah.

Suswandari, Suswandari. 2017. “Local History of Jakarta and

MulticulturalAttitude (Historical Local Study of Betawi Ethnic).” JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning).

Tsotsos, John K., Laurent Itti, and Geraint Rees. 2005. “A Brief and Selective History of Attention.” in Neurobiology of Attention.

Wilson, Helen F. 2014. “Multicultural Learning: Parent Encounters with

Difference in a Birmingham Primary School.” Transactions of the Institute of British Geographers.